Pastikan Putusan Pengadilan Telah Berjalan, Hakim Wasmat Kunjungi Lapas Kelas IIB Atambua


Senin, 18 Juli 2022 - 09:55:54 WITA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita terkini - Dibaca: 55

PN-Atambua News, ATAMBUA - Hakim Pengawas dan Pengamat Pengadilan Negeri Atambua kelas IB melakukan pengawasan dan pengamatan ke Lapas Kelas IIB Atambua dalam rangka meningkatkan sinergitas antar lembaga dan memastikan bahwa putusan pengadilan berjalan dengan baik, pada Senin (18/7/2022).

Tim Hakim Wasmat dipimpin oleh Bapak Junus D. Seseli, S.H (Hakim Pengadilan Negeri Atambua Kelas IB) bersama dengan tim yang terdiri dari Bapak Abdul Rasid Asbanu, S.H (Panitera Muda Pidana), Bapak Iwan Setiawan Abdullah, A.Md (Juru Sita Pengganti), Felix Bayu Fernando, A.Md dan Remigius Neka,S.E (Staf Kepaniteraan Pidana).

Pelaksanaan putusan pengadilan perlu diawasi dan diamati sehingga Kedudukan seorang hakim Tidak hanya bertanggung jawab terhadap penjatuhan hukuman semata melainkan juga harus ikut bertanggung jawab hingga hukuman selesai dijalani si terpidana di lembaga pemasyarakatan melalui pola dan program pembinaan yang diberikan. Maka dalam Pasal 277 KUHAP sampai dengan Pasal 283 KUHAP hakim dibebankan tugas lain yaitu sebagai pengawas dan pengamat keputusan pengadilan.  Menurut Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tugas Hakim Pengawas dan Pengamat, hakim wasmat dapat berjumlah lebih dari satu orang pada satu PN, tergantung banyak sedikitnya jumlah napi yang ada dalam ruang lingkup tugas PN yang bersangkutan.

Hakim Wasmat yang mempunyai tugas mengawasi dan mengamati agar terdapat suatu jaminan bahwa putusan yang dijatuhkan Pengadilan Negeri dilaksanakan sebagaimana mestinya (Pasal 280 ayat 1 KUHAP). Karena pemidanaan bukanlah untuk menderitakan atau tindakan balas dendam atas perbuatan narapidana melainkan pembinaan narapidana baik secara psikis maupun pisik agar dapat atau siap kembali kedalam lingkungan masyarakat sebagai manusia seutuhnya dan taat pada hukum.

Berdasarkan hal itu Hakim Wasmat PN Atambua melaksanakan kunjungan pada Lapas Kelas IIB Atambua untuk berinteraksi langsung kepada Warga Binaan dan memastikan bahwa putusan pengadilan terlah dijalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku. (Izzadin)

Survei Kepuasan Masyarakat
Sangat Baik

3,70

92.41%
Survei Persepsi Anti Korupsi
Sangat Baik

3,38

84.38%
Rasio Penanganan Perkara Tahun 2022

83.26 %

Sisa tahun lalu
36
Masuk tahun ini
185
Tunggakan perkara
37
Minutasi tahun ini
184
Statistik Pengunjung

098553

Pengunjung hari ini
56
Pengunjung online
1
Hits hari ini
147
Total pengunjung
49478
Total hits
98553

Berita Terkait

- Talkshow di RRI Atambua tentang Penanganan dan Pemutusan Perkara di Pengadilan Negeri Atambua- Kunjungan Hakim Agung Yang Mulia Bapak Soesilo,S.H., M.H (Ketua PN ATAMBUA 2013-2015)- Ketua Pengadilan Negeri Atambua Resmi Melantik Panitera Pengganti Baru - Permudah Proses Pemberkasan Perkara Pidana, Pengadilan Negeri Atambua Sosialisasikan Aplikasi e-Berpadu - Kita Boleh Berada Di Perbatasan Tapi Inovasi Kita Tanpa Batas, Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Atambua