MoU Pelayanan Posbakum di Pengadilan Negeri Atambua Tahun Anggaran 2023


Rabu, 04 Januari 2023 - 11:16:14 WITA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita terkini - Dibaca: 31

PN Atambua News - Dalam meningkatkan sistem layanan hukum bagi masyarakat di Kabupaten Belu dan Malaka. Pengadilan Negeri Atambua melakukan kerjasama dengan menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) Pelayanan Posbakum (Pos Bantuan Hukum) Pengadilan dengan Lembaga Bantuan Hukum Lentera Belu, Selasa (3/01/2023).
Pelaksanaan MoU tersebut diselenggarakan setelah Lembaga Bantuan Hukum Lentera Belu dinyatakan terpilih pada seleksi terbuka pengadaan Posbakum Pada LingkunganPengadilan Negeri Atambua untuk tahun anggaran 2023.
Posbakum Pengadilan adalah layanan yang dibentuk dan diharuskan ada pada setiap Pengadilan Tingkat Pertama untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan untuk beracara.
Keberadaan Posbakum di Pengadilan Negeri Atambua bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat yang sulit atau tidak mampu.
“Penandatanganan MOU ini sebagai upaya Pengadilan Negeri Atambua dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat Pencari Keadilan di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Atambua sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Mahkamah Agung No 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan,”ujar Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Bapak Decky Arianto Safe Nitbani, S.H., M.H dalam sambutannya.
Salah satu fungsi kerjasama tersebut adalah pemberian bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat yang dikategorikan tidak mampu secara profesional dan tanpa ada diskriminasi. Dengan MoU ini, Pengadilan Negeri Atambua berkomitmen untuk memberikan pelayanan
terbaik
 
kepada semua pengguna layanan, terutama kepada masyarakat tidak mampu.
MoU Layanan Posbakum ini ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Decky Arianto Safe Nitbani, S.H, M.H, dan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Lentera Belu, Melkias Takoy, S.H. Turut hadir dalam penandatangan MoU tersebut Panitera PN Atambua, Bapak Yesephus M. Lakapu, S.H lalu Sekretaris Pengadilan Negeri Atambua, Bapak Marthen Dima, S.Pi selaku Kuasa Pengguna Anggaran, Panmud Hukum dan Para Advokat yang tergabung dalam Lembaga Hukum Lentera Belu.

Survei Kepuasan Masyarakat
Sangat Baik

3,84

96.02%
Survei Persepsi Anti Korupsi
Sangat Baik

3,92

98.08%
Rasio Penanganan Perkara Tahun 2023

30.36 %

Sisa tahun lalu
25
Masuk tahun ini
31
Tunggakan perkara
39
Minutasi tahun ini
17
Statistik Pengunjung

165003

Pengunjung hari ini
106
Pengunjung online
1
Hits hari ini
527
Total pengunjung
72719
Total hits
165003

Berita Terkait

- Pengumuman Lelang Barang Milik Negara Pengadilan Negeri Atambua Tahun 2023- Sosialisasi E-Court 4.0.0 oleh Mahkamah Agung RI- Rapat Evaluasi PPNPN Tahun 2022- Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN menurut PERMENPANRB Nomor 6 Tahun 2022- Pengumuman Penyedia Jasa Layanan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) 2023